//
you're reading...
Tak Berkategori

Syntax untuk Menyimpan Data Pada VB 6.0

Pada pertemuan kali ini, penulis mencoba untuk membahas tentang syntax untuk menyimpan data ke dalam Database. Database yang penulis pergunakan yaitu Database SQL Server 2000, untuk lebih detailnya perhatikan gambar berikut :

1. Rancang form untuk mengeksekusi data yang akan anda input.

Syntaxnya sbb:
Option Explicit
Dim cn As ADODB.Connection
Dim rs As ADODB.Recordset
Dim No_Char As String
Dim Pesan As String
Private Sub Form_Load()
koneksi
Set rs = con.Execute(“select * from Supplier”)
XPButton1.Enabled = False
XPButton2.Enabled = False
XPButton3.Enabled = False
End Sub
Sub awal()
XPButton1.Enabled = False
XPButton2.Enabled = False
XPButton3.Enabled = False
XPText1.SetFocus
XPText2.Locked = True
XPText3.Locked = True
XPText4.Locked = True
XPText5.Locked = True
End Sub
Sub akhir()
XPButton2.Enabled = True
XPButton3.Enabled = True
End Sub
Sub bersih()
XPText1.Text = “”
XPText2.Text = “”
XPText3.Text = “”
XPText4.Text = “”
XPText5.Text = “”
End Sub
Private Sub XPButton1_Click()
If XPText1.Text = “” Or XPText2.Text = “” Or XPText3.Text = “” Or XPText4.Text = “” Or XPText5.Text = “” Then
MsgBox (“Data Anda Harus Dipenuhi!!”)
bersih
awal
Else
Set rs = con.Execute(“Insert into Supplier Values(‘” & XPText1.Text & “‘,'” & XPText2.Text _
& “‘,'” & XPText3.Text & “‘,'” & XPText4.Text & “‘,'” & XPText5.Text & “‘)”)
bersih
awal
End If
End Sub

2. Jika data berhasil disimpan maka data akan terlihat pada DataGrid seperti gambar dibawah :

Nah…. Mudah kan, selamat mencoba…!!

Diskusi

14 thoughts on “Syntax untuk Menyimpan Data Pada VB 6.0

  1. tolong dong jelasin sintak yang ada di VB… dan juga fungsinya…
    kirim ke email saya…
    makasih…
    contohnya
    Dim
    ADODB.Connection
    Set
    dll…..

    Posted by indra | Februari 10, 2011, 7:19 am
  2. susah ngerti na pak,,bisa gk minta tlong krimkn contoh vb ke email saya pak, sbagai bhan pelajaran,tks

    Posted by Cardo | Februari 18, 2011, 6:10 am
  3. wah menarik bgt tuh pak,, saya lg mendalami untuk buat database,, tp kendala dalam control saya msh kurang,, saya ingin sekali mendalami database khususnya Sistem Informasi Kepegawaian,, klo da tutorial n panduan yg bs saya dalami,, mngkin saya bs kursus or beli panduan lengkapnya,,, mhon kirim jawaban n saran ke e-mail saya,,,

    Terima kasih…

    Posted by fery Isniady | Maret 10, 2011, 9:57 am
  4. bagaimana cara koneksikan SQL Server 2005 ke VB 6.0?? tolong balas secepatnya!! terimakasih sebelumnya,, : )

    Posted by rizal | Juli 2, 2011, 6:42 am
  5. kak saya mohon bget bantunanya, sara nyimpan tipe datanya money gimana ya? mhon contoh program dan sintaknya dikirim ke e-mail saya ya. wayan.ardika7@gmail.com,, mhon bgt bantunnya.. terimakasih

    Posted by Satvata dasa | Juli 26, 2011, 3:50 pm
  6. kk…mohon bantuannya…cara menyimpan data berulang…misalnya saya mau nyimpan data NIS yang sama tp dengan data SEMESTER yang berbeda…menggunakan vb…tolong send ke email hamimvirton@yahoo.com……mkasih yaa kk

    Posted by virton hamim | Desember 1, 2011, 6:07 pm
  7. pak saya ari..skrng saya lagi punyak tugas membuat sistem menggunakan database microsof acces dengan judul sitem catering

    Posted by ari | April 25, 2012, 2:00 am
  8. Dicobaaa duluu yaahhh

    Posted by Naomi Jelitha Sinaga | Mei 11, 2012, 12:01 pm
  9. Dicobaa duluuu yahhh thanks……….

    Posted by Naomi Jelitha Sinaga | Mei 11, 2012, 12:03 pm
  10. huhhhhhhhhhhhh

    Posted by Naomi Jelitha Sinaga | Mei 14, 2012, 3:12 pm
  11. tolong dong jelasin sintak yang ada di VB… dan juga fungsinya…
    kirim ke email saya…dengan koneksi ADOBC ya gan

    Posted by hendi | Juni 26, 2012, 3:36 am

Tinggalkan Balasan

Arsip

Blog Stats

  • 105,046 Pengunjung
free counters

Subscribe in Bloglines

Masukkan alamat Email Anda.

Bergabunglah dengan 10 pengikut lainnya

Pesan Moral

Forum Ngapak

Polling dulu sebelum ditutup

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

RSS Kompas Tekno

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik News

