//
you're reading...
B. Tips & Trik, L. Pemrograman

Tips Belajar Bahasa Pemrograman Komputer

Programmer

Tulisan senada mungkin sudah pernah di tulis di media-media, bahkan mungkin sudah ada buku bagaimana tips mempelajari sebuah bahasa pemrograman komputer, baik itu aplikasi desktop maupun aplikasi berbasis web. Tetapi saya mungkin memiliki cara pandang lain, bagaimana belajar pemrograman komputer secara mudah dan menyenangkan.
Sebelum seseorang terjun ke dalam bidang pemrograman, ada beberapa syarat yang harus di penuhi, biar belajar pemrograman ini tidak menjemukan, diantaranya adalah :

  1. Hobi atau senang dengan utak-atik, hal ini mutlak di perlukan, karena kesenanganlah yang membuat programming menjadi menarik dan tidak menakutkan, serta tidak menjemukan.
  2. High curiousity, yakni rasa penasaran yang tinggi. Yakni bagaimana memecahkan sebuah masalah pemrograman sampai ketemu dan selesai masalahnya, bahkan mungkin tidak bisa tidur, bagaimana menyelesaikan masalah itu.
  3. Mau belajar. Jadi seorang programmer jangan mudah puas, harus terus mengasah skill dan kemampuan biar bisa bersaing dengan yang lainnya.
  4. Bisa bahasa inggris minimal pasif, mengingat semua manual pemrograman saat ini kebanyakan masih berbahasa inggris. Tapi dengan adanya Google Translator, mungkin masalah ini sebentar lagi teratasi.

Keempat syarat di atas mungkin bukanlah syarat mutlak, tetapi minimal harus dimiliki oleh seorang programmer.
Adapun langkah-langkah belajar bahasa pemrograman adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan bahasa pemrograman yang cocok.
    Bahasa pemrograman yang mudah di pelajari belum tentu cocok dengan karakter kita, karena bahasa pemrograman yang bagus itu tidak hanya mudah di pelajari, tetapi menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk membuat suatu aplikasi yang kita inginkan.
    Bila orientasi kita adalah bidang pekerjaan yang nanti kita tekuni, maka carilah bahasa pemrograman yang paling banyak di pakai di dunia, seperti Java, PHP, C++, ASP dan lain-lain. Bahasa pemrograman tersebut mendukung konsep OOP baik secara parsial seperti PHP dan ASP, maupun full OOP seperti Java.
  2. Menentukan tools development yang cocok. Karena kita masih terkendala dengan masalah lisensi yang tidak murah, maka carilah peralatan development yang open source atau gratis, seperti PHPEdit, PSPad Edit, EditPlus dan lain-lain. Untuk Java, ada tool gratis yang bernama Netbeans.
  3. Belajar mengetik sepuluh jari. Ini mungkin kurang di sukai oleh sebagian orang, tapi sangat penting bagi seorang programmer, bagaimana dia berbuat dengan jari-jarinya, maka kemampuan menguasai papan keyboard menjadi syarat mutlak. Ada banyak software typing tutor gratis yang bisa di unduh di internet diantaranya adalah TypeFaster,RapidTyping Tutor, FastType dan lainnya. Bila Anda sudah memiliki kecepatan ngetik 200cpm (karakter per menit) itu sudah cukup, berarti anda siap untuk menjadi programmer handal.
  4. Mencari buku yang tepat, mengapa saya katakan “mencari buku yang tepat?” Karena tidak semua buku petunjuk pemrograman bagus untuk di beli dan di pelajari. Kebanyakan adalah berisi tutorial semata, kurang bobot, karena pemrograman sesungguhnya bukan hanyak memanfaatkan tool, tapi lebih dari itu, konsep pemrograman yang benar harus di kuasai.
  5. Mencari mentor yang tepat. Mengapa mencari mentor. Seorang mentor atau instruktur tidak melulu kita dapatkan ketika kita mendaftar ke lembaga kursus tertentu. Mentor lebih dari sekedar guru, karena dia bisa kita tanya kapan saja bila kita menemui kesulitan. Sekali lagi, kita tidak perlu kursus untuk mendapatkan mentor ini, tetapi bila anda kemudian ikut kursus, itu lebih baik lagi. Mentor bisa berasal pula dari kalangan profesional yang aktif di millist-milist pemrograman. maka jangan malas untuk ikutan milist, biar pengetahuan anda bertambah.
  6. Mencari waktu yang tepat. Membuat program adalah bekerja dengan otak kita, maka otak kita butuh ketenangan saat bekerja. Dalam kondisi emosi, otak tidak akan bekerja dengan baik, maka menentukan waktu yang tepat untuk belajar pemrograman juga di perlukan.
  7. Carilah proyek kecil. Untuk mengasah kemampuan anda dalam membuat program, diperlukan latihan yang intens. Mencari proyek kecil-kecilan, seperti menyelesaikan tugas teman kuliah dan sebagainya bisa menjadi solusi tepat dan sekaligus bisa mendatangkan uang.

Bila anda menjalankan ke tujuh langkah belajar pemrograman di atas, saya yakin kurang dari setahun anda akan menjadi seorang programmer yang handal, apalagi bila anda sering mendapatkan proyek-proyek aplikasi, dari rekan maupun dari orang lain yang membutuhkan jasa pemrograman atau pengolahan informasi.
Semoga bermanfaat.

http://teknologi.kompasiana.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 105,046 Pengunjung
free counters

Subscribe in Bloglines

Masukkan alamat Email Anda.

Bergabunglah dengan 10 pengikut lainnya

Pesan Moral

Forum Ngapak

Polling dulu sebelum ditutup

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

RSS Kompas Tekno

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik News

%d blogger menyukai ini: